Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam macam CMS yang ada di Dunia Web Programming

Apa itu CMS? 

CMS dalam artian singkat merupakan Sistem manajemen konten (Dalam bahasa Inggris akronim dari: Content Management System), kalo dalam pengertian keilmuannya adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web. 

 

 

 

Elemen Bagian CMS

Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen yaitu :

  •     Aplikasi Manajemen Isi (Content Management Application, CMA)
  •     Aplikasi Pengiriman Isi (content delivery application, CDA)


Elemen CMA digunakan untuk mengelola konten yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML untuk mengelola pembuatan, pengubahan, dan penghapusan isi dari suatu situs web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang webmaster. 

Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh pemilik situs web untuk memperbaharui situs web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda. Walaupun begitu, kebanyakan dari perangkat lunak ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan indeks, pencarian, dan pengarsipan.

 

Keuntungan CMS

CMS merupakan situs web yang berorientasi terhadap konten jadi tidak ribet lagi masalah koding. Sehingga Sudah bukan merupakan kendala yang berarti, bagi manajemen, atau humas suatu perusahaan/institusi/organisasi untuk memperbaharui situs webnya. 


Dengan hak akses dan otoritas masing-masing, setiap bagian dari perusahaan/intitusi/organisasi dapat memberikan kontribusinya kedalam website tanpa prosedur yang sulit.

 


Kategori Tampilan Akses Halaman CMS


Pada umumnya sebuah CMS memiliki 2 bagian kategori Pembagian Akses Halaman yaitu bagian Halaman Pengguna dan Halaman Administrator


User Page/Halaman Pengguna, yang terlihat dan ditujukan untuk pengunjung website

Admin Page/Halaman Admin, merupakan halaman yang hanya dapat diakses oleh admin yang memiliki hak akses.



Kecanggihan dan fitur masing-masing CMS bergantung pada CMS yang digunakan, ada banyak sekali CMS yang bertebaran di internet. Penggunaan sistem hierarki pengguna yang diterapkan CMS dalam hak aksesnyapun sangat bervariasi sesuai CMS masing-masing. Mulai dari level akses user anggota yang hanya dapat mengirimkan data tertentu berupa komentar, kemudian editor yang dapat mengirimkan suatu artikel/berita (untuk CMS yang menyediakan fasilitas ini), hingga level administrator yang dapat melakukan semua fitur yang ada.



Keberadaan aplikasi gratisan di Internet dan juga komunitas sumber terbuka yang semakin menjamur ikut memberikan andil yang signifikan untuk menjadikan teknologi CMS menjadi murah dari segi harga akan tetapi dengan fitur-fitur yang semakin lengkap dan canggih. Dari segi biaya implementasi pembuatan CMS sangatlah murah apalagi jika dibandingkan dengan fitur-fitur dan kemudahan yang ditawarkan. Hal inilah yang akhirnya ikut mempopulerkan CMS dan akhirnya akan menggantikan semua website konvensional yang ada. 




Macam macam CMS

  1. Opencart
  2. Drupal
  3. Joomla
  4. Wordpress
  5. Plone
  6. VBulletin
  7. Moodle
  8. MediaWiki
  9. Osclass


Ayo kita bahas...


1. OpenCart

Opencart merupakan CMS yang dikhususkan untuk kebutuhan membuat TOKO ONLINE. berbasiskan PHP. 

Opencart ini telah dirilis sejak April 2010, yang dikembangkan oleh Daniel Kerr. Lisensi OPENCART sendiri berada dalam GNU General Public License. 

Database yang digunakan oleh OPENCART ini adalah My SQL, juga menggunakan HTML


Mendapatkan Opencart secara Gratis https://www.opencart.com/

Opencart Demo https://www.opencart.com/index.php?route=cms/demo

Demo Frontend https://demo.opencart.com/

Demo Administrator https://demo.opencart.com/admin/




2. Drupal

Drupal ini free dan OPEN SOURCE CMS yang ditulis dengan PHP DAN DIDISTRIBUSIKAN DIBAWAH GNU General Public License

Drupal dikembangkan oleh Drupal Association, Dries Buytaert, Template Monster, Daniel Kudwien

Dirilis pada January 15, 2001, dengan bahasa yang didukung PHP dan Javascipr


Drupal ini cocok untuk membuat website website lebih bebas.


3. Joomla

Ini merupakan mainan saya pas Sekolah, joomla... 

Joomla ini memiriki kesamaan dengan drupal, dia juga FREE dan Opensource, dikembangkan oleh Template Monster, dengan bahasa yang didukung adalah php..






Kegunaan CMS

  1. Situs web perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
  2. Portal
  3. Galeri foto
  4. Aplikasi E-Commerce.
  5. Mengelola website pribadi/ blog.
  6.  Situs web pembelajaran daring (Inggris: e-learning)



Dan masih banyak lagi lainnya, yang intinya dengan menggunakan CMS itu kita menjadi bisa lebih fokus ke konten.




Kesimpulannya


Ada banyak sekali CMS, bahkan kemungkinan juga banyak CMS - CMS baru yang belum masuk dalam daftar list.


Tetapi, apapun itu CMS nya, intinya adalah digunakan untuk memanajemen konten, sehingga biasanya CMS didesain USER FRIENDY, bahkan tanpa perlu terlalu banyak tahu koding / pemprograman.


Tetapi, ketika memahami pemprograman dan terbiasa disitu, maka akan lebih baik dalam melakukan build, atau bahkan memilih tema untuk CMS tersebut atau mengkostumisasi sendiri sesuai dengan filosofi warna yang menjadi branding merek anda.


Tetapi berbeda dengan Framework yang penggunaannya lebih bebas bagi programmer web untuk menjadikan website untuk apa aja, karena pada dasarnya framework adalah kerangka kerja.


Sedangkan CMS sendiri tergantung dengan si Pengembang CMS tersebut, ketika terdapat fitur untuk membuat toko online, maka CMS tersebut bisa di fungsikan sebagai E - Commerce website.

Jika pengembang CMS, menyediakan fitur Forum, maka CMS tersebut bisa untuk membuat Forum.


Jika pengembang CMS menyediakan fitur CMS e-Learning, maka CMS tersebut mendukung untuk membuat konten e-learning.


Semakin banyak pilihan yang ditawarkan sebuiah CMS, artinya semakin kaya akan fitur dan kegunaan, maka CMS itu akan semakin banyak digemari dan penggunanya pun akan semakin meningkat, entah itu pindahan dari pengguna CMS lainnya, atau memang Pengguna baru yang sedang memulai bermain CMS dengan membuka Hosting Sendiri / Self Host di Penyedia Layanan Hosting Website.






Sekian, Moga Bermanfaat.





Salam Hangat,

Zizarun Namhar - Genbisoft




Posting Komentar untuk "Macam macam CMS yang ada di Dunia Web Programming"