Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Peraturan Google Play Developer Program

Pagi pagi saya cek email, ternyata ada update berkenaan dengan Kebijakan Google Play Developer Program.


Beberapa aplikasi yang sempat saya buat dulu juga ada peringatan sih, disuruh untuk memperbaharui... :)

google play developer



Ada beberapa hal yang saya garis bawahi Aplikasi yang menargetkan Android 11+ dan perlu mengakses penyimpanan eksternal harus mematuhi kebijakan Izin Akses Semua File


Isi Pesan..


Kami ingin memberi tahu Anda tentang pembaruan terkini pada Pusat Kebijakan Pengembang kami. Kami melakukan pembaruan dari waktu ke waktu sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menjadikan Google Play pengalaman yang aman dan tepercaya bagi pengembang dan konsumen.


Pembaruan dan klarifikasi kebijakan


Kami memperkenalkan pembaruan kebijakan yang membutuhkan perhatian Anda. Anda memiliki waktu 30 hari sejak pemberitahuan ini dikeluarkan untuk mematuhi perubahan berikut:


Aplikasi yang menargetkan Android 11+ dan perlu mengakses penyimpanan eksternal harus mematuhi kebijakan Izin Akses Semua File, sehingga pengguna memiliki kontrol akses lebih besar atas penyimpanan perangkat mereka.

Pembaruan regional untuk negara-negara Perjudian Uang Riil, dan menambahkan klarifikasi pada persyaratan kebijakan program Loyalitas Gamified.

Memperbarui kebijakan Konten Seksual dan Kata-kata kotor dengan contoh tambahan dari aplikasi yang dilarang.

Selain itu, telah menambahkan contoh dan klarifikasi baru pada beberapa kebijakan. Harap diperhatikan bahwa ini bukanlah kebijakan baru dan kami tidak mengubah standar dan praktik penegakan kami sebagai akibat dari pembaruan ini.


Memperbarui Persyaratan Kebijakan Keluarga dengan kejelasan tambahan tentang fungsi aplikasi.

Mengklarifikasi kebijakan Berita yang berkaitan dengan aplikasi konten buatan pengguna, informasi kontak, dan penggunaan iklan.

Mengulangi definisi Malware kami dan memperjelas definisi stalkerware.

Telah mengklarifikasi contoh pelanggaran umum dalam kebijakan Klaim Menyesatkan.

Telah menambahkan tautan Pusat Bantuan ke kebijakan Pembayaran kami yang berisi informasi tambahan tentang sistem penagihan Google Play dan jawaban atas pertanyaan umum tentang kebijakan Pembayaran.

Telah mengklarifikasi kebijakan Informasi Pribadi dan Sensitif.

Telah mengklarifikasi persyaratan untuk aplikasi status COVID-19.

Telah menambahkan contoh pelanggaran iklan umum pada Iklan Keluarga dan kebijakan Monetisasi.

Kebijakan baru yang akan datang


Menggunakan data secara bertanggung jawab berarti pengembang hanya mengakses data pribadi yang mereka butuhkan. Akhir tahun ini, Pihak Google Play akan diperkenalkan kebijakan baru di mana aplikasi perlu disetujui untuk melihat aplikasi lain apa yang dipasang di perangkat pengguna. Pihak Google Play Dev menjelaskan akan mengirimkan pemberitahuan 60 hari sebelumnya sebelum kita harus mematuhi perubahan berikut:


Pengembang perlu meminta izin agar aplikasi mereka dapat melihat aplikasi lain apa yang dipasang di perangkat pengguna. Anda akan dapat meminta izin “QUERY_ALL_PACKAGES" baru untuk “Visibilitas Paket (Aplikasi)” di Konsol Pengembang Play mulai Juli. Pelajari lebih lanjut.

Kami mendorong Anda untuk meninjau pembaruan kebijakan ini dengan hati-hati jika ada aplikasi Anda yang terkena dampak. 




================

Dan disini ada hal baru, lebih tepatnya kosakata baru..

Kalo biasanya kita mengenal Spyware, Malware.. nah ini ada yang baru lagi nih... stalkerware


Dari sini saya bisa mengamati, kebijakan kebijakan Google Play Developer walau semakin ketat, tetapi ini sangat membantu untuk meningkatkan keamanan bagi pengguna, terutama terhadap pengembang yang kurang bertanggungjawab.


Dan yang saya cetak tebal diatas, menurut saya bagus... 






Posting Komentar untuk "Update Peraturan Google Play Developer Program"