Apa itu Cpanel Control Panel Manajemen Hosting Web

Genbisoft.com - Bagi kamu yang mungkin baru awal banget mau coba coba hosting web sendiri, pasti bingung nih ya dengan istilah istilah di dunia perhostingan, salah satunya adalah Cpanel atau Control Panel.
Apa sih itu? Buat apa sih itu kegunaannya? Kenapa harus ada cPanel? Apakah Dashboard Backend website aja tidak cukup? yuk kita bahas satu persatu berdasarkan apa yang saya tau.

Mulai dari...

Apa itu cPanel?


Dari yang saya pahami dari beberapa literatur yang ada, cPanel merupakan Pusat Kendali Manajemen Website Hosting yang  meliputi Manajemen File, Database, Domain, Pengamanan, Perangkat Lunak dan beberapa konfigurasi lainnya yang mendukung keberlangsungan suatu website di sebuah Penyedia layanan web hosting. 

cPanel sendiri sebenarnya merupakan nama Perangkat Lunak, artinya bukan merupakan istilah dalam sistem. Tetapi fungsinya memang untuk Pusat Kendali yang disediakan perusahaan Web Hosting kepada para Kliennya untuk memanajemen ruang hosting yang di ordernya.

Ketika memakai cPanel, berarti perusahaan penyedia Web Hosting itu menggunakan sistem operasi berbasis Linux untuk membangun Server Hosting ( seperti Distro : centOS, Red Hat Linux, dan FreeBSD ) cPanel biasanya dipasang pada Dedicated Server atau Virtual Private Server (VPS).

Walaupun cPanel berjalan di Karnel Linux, Tetapi tenang... itu dilingkungan penyedia layanan hosting ya, kalau untuk kalian sebagai klien atau pelanggan hosting, kalian tidak harus pake Linux ya, alias kalian bisa pakai OS apa aja, karena cPanel itu berada di server si penyedia layanan, sehingga kita tinggal akses saja menggunakan web browser.

Nih, kalau kalian masih penasaran cPanel itu Control Panel... kalian bisa kepoin di Website cPanel tersebut di https://cpanel.net/  .. Jadi cPanel itu merek ya.. hehe, tetapi memang jenisnya Control Panel, jadi ada perangkat lunak di jenis Control Panel selain cPanel, seperti Vdeck, Plesk, sPanel, DirectAdmin, dan sebagainya.


cPanel dirilis 27 Maret 1996, dengan rilis stabilnya 11.24.4-R33732 / 29 Januari 2009, lisensi yang dikeluarkan adalah Perangkat lunak milik perorangan (bahasa Inggris: proprietary software) – kadang disebut perangkat lunak berbayar, perangkat lunak sumber tertutup, perangkat lunak proprieter atau perangkat lunak berpemilik adalah perangkat lunak dengan pembatasan terhadap penggunaan, penyalinan, dan modifikasi yang diterapkan oleh proprietor atau pemegang hak.


Aplikasi apa saja yang didukung cPanel?


Aplikasi yang didukung cPanel antara lain Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP.  Email berbasis dukungan termasuk POP3, IMAP, layanan SMTP.SMTP cPanel diakses melalui https pada port 2083.
Setelah terinstal, cPanel tidak dapat dihapus (tanpa kesulitan ekstrem). Server harus diformat, dan sistem operasi diinstal ulang. 



Apa aja yang bisa dilakukan di cPanel?

  1. memberikan panel control yang memudahkan pengguna untuk memanajemen hosting
  2. pengelolaan file website
  3. pengaturan website
  4. pengaturan dan manajemen email
  5. pengelolaan domain
  6. mengelola database
  7. konfigurasi modul PHP yang dipakai
  8. pengaturan keamanan pada hosting
  9. backup dan restore website




Nah.. jadi cukup banyak fungsinya ya, tetapi setidaknya dengan adanya cPanel tersebut.. kalian tidak perlu lagi kesulitan memahami kode kode rumit buat memanajemen pengelolaan hosting website ya.. 

karena untuk ngoDing Website aja udah Rumit bukan… (berarti bukan programmer sejati tuh hihi..)



Oke sekian pembahasan Apa itu Cpanel Control Panel Manajemen Hosting Web kali ini.. moga ada manfaat.dan menambah wawasan kita semua..

Sampai Jumpa di Pembahasan Tentang Dunia Pemprograman Aplikasi, Web, Software...





Sumber Referensi Utama : Wikipedia.
Buku. Internet. Ebook.


No comments for "Apa itu Cpanel Control Panel Manajemen Hosting Web"


Berlangganan via Email