Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah itu Pengertian Swarm Intelligence ( Algoritma Komputasi Modern )

Pada tahun 2010 an, Makalah dan Publikasi tentang Swarm Intelligence berkembang sangat pesat, teori dan aplikasinya terus meningkat jumlahnya secara signifikan.



swarm intelligence




Ini beberapa contoh Journal berkaitan tentang Swarm Intelligence


https://www.researchgate.net/publication/251236723_International_Journal_of_Swarm_Intelligence_Research_IJSIR_Special_Issue_on_Swarm_Intelligence_in_Big_Data_Analytics

http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/8080

https://media.neliti.com/media/publications/79941-ID-implementasi-prilaku-berkelompok-pada-sw.pdf

https://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/view/12968/0814058601



Apa sih itu Swarm Intelligence?


Swarm Intelligence bisa dibilang sebagai Algoritma ( Algoritthm ) Komputasi Modern untuk Optimasi dan Data Mining / Big Data Analytics


https://www.researchgate.net/publication/343431707_Swarm_Intelligence_Algorithms_A_Tutorial

https://www.routledge.com/Swarm-Intelligence-Algorithms-A-Tutorial/Slowik/p/book/9781138384491


Secara Istilah, Swarm merupakan kelompok, kawanan, koloni, kumpulan, rombongan, gerombolan, kerumunan, atau hal yang bersifat banyak, kolektif dan masif.


Swarm Intelligence ini bisa diartikan sebagai kecerdasan kolektif atau kecerdasan kelompok yang dihasilkan dari adanya tingkah laku kelompok atau kawanan agen.


Secara Individu setiap agen memiliki tingkah laku dan interaksi yang sederhana sekali.




Definisi Swarm Intelligence Bonabeau



Bonabeau et al. dalam bukunya mendefinisikan Swarm Intelligence sebagai "Emergent Collective Intelligence of Groups of Simple Agents" - Bonabeau et al, 1999.


kalau diterjemahkan "Kecerdasan kolektif yang muncul begitu saja dari kelompok kelompok agen yang sederhana."


Kecerdasan kolektif tersebut tidak akan muncul jika terdapat satu agen hebat yang paling mendominasi diantara agen - agen sederhana.



Contoh Sistem yang dipelajari dalam Swarm Intelligence adalah Koloni Semut, Lebah, Rayap, Kunang - kunang, Kelelawar, dan lainnya yang memiliki kecenderungan koordinasi kelompok.

Bagaimana cara mereka membangun sarang, mencari makanan, berkumpul.



Gambaran Swarm Semut


Contoh yang bisa diamati disekitar, seekor semut, mereka tidak memiliki kecerdasan luar biasa. Namun, dalam sebuah koloni yang berisikan ribuan ekor semut, berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik, bisa cepat menemukan jalur terpendek sumber makanan dengan sarang mereka. Keseimbangan sebuah kerjasama itulah yang dapat menghasilkan kecerdasan luar biasa.


Coba pikirkan jika dalam sebuah koloni semut terdapat seekor saja semut yang jauh lebih cerdas dari lainnya? Itu akan menyebabkan kecerdasan kolektif menurun atau bahkan tidak pernah muncul karena ada satu yang mendominasi.



Gambaran Swarm Ikan Paus


Pernah anda membayangkan bagaimana sih ikan paus mencari makan yang berupa ribuan ikan kecil? Apakah ia bergerak sendirian mengejar ikan ikan kecil itu? tentu saja tidak. Ikan paus itu besar tubuhnya dan pergerakannya lamban, sedangkan berbanding terbalik dengan ikan kecil yang bertubuh mungil dan sangat lincah bermanuver.


Kalo dilihat dari kenyataan itu, tentu saja membuat paus hampir tidak mungkin menangkap ikan ikan kecil. Jadi, apakah paus mencari makanan secara berkelompok? Yup! benar sekali. Mereka melakukannya secara berkelompok.


Lalu, bagaimana strategi mereka? sederhana, namun Cerdas! Seekor paus membuka mulutnya lebar lebar, sedangkan paus - paus lainnya, menggiring ribuan ikan kecil untuk memasuki mulut paus yang terbuka tersebut.


Hal ini tentu saja dilakukan bergantian, sampai semua paus dapat kenyang dan tidak kelaparan. Coba bayangkan jika ada stu aja Paus besar yang mendominasi dalam kelompok? Misal, ada seekor paus yang egois, artinya cuman mau makan, tetapi tidak mau menggiring ikan-ikan kecil untuk paus - paus lainnya. Tentu saja kecerdasar kolektif dari si Ikan Paus tidak akan muncul kan?



Gambaran Swarm lainnya


Selain beberapa contoh diatas, Swarm Intelligence juga mempelajari tingkah laku sosial kawanan burung yang terbang diangkasa dalam formasi tertentu / bird flocking, gerombolan ikan yang berenang berkelompok / fish schooling, dan sekumpulan binatang darat yang bergerak dalam aturan tertentu / herd of land animals.




Kesimpulan Bahasan Swarm


Swarm Intelligence merupakan suatu disiplin ilmu yang ada hubungannya dengan alam dan sistem - sistem buatan yang tersusun atas banyak individu yang berkoordinasi menggunakan kontrol desentralisasi yang dapat mengorganisasi diri sendiri.


Tingkah laku kolektif merupakan fokus Swarm Intelligence yang dihasilkan dari interaksi lokal antara satu individu dengan individu lainn, serta antara individu dengan lingkungannya - Bonabeau et al, 1999


Ranah Swarm Intelligence juga mencangkup Sistem buatan Manusia, seperti Sistem Multi-robot dan program komputer tertentu yang tujuan dibuatnya untuk penyelesaian masalah optimasi dan analisis data.


Multidisiplin yang kuat merupakan Karakter yang dimiliki Swarm Intelligence . Berbagai riset dalam Swarm Intelligence bisa diklasifikasikan berdasar dua kriteria berbeda seperti variabel yang dianalisis dan tujuannya.




Posting Komentar untuk "Apakah itu Pengertian Swarm Intelligence ( Algoritma Komputasi Modern )"